Oleh-oleh khas Lampung - INFO KOTA BUMI

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 14 Maret 2018

Oleh-oleh khas Lampung

Kotabumi- Lampung memang dikenal mempunyai banyak sekali dengan beberapa wisata dan kulinernya. Sehingga banyak sekali para wisatawan yang datang mengunjungi Lampung ini. Tidak hanya wisata alamnya saja yang banyak tetepi oleh-oleh dan makanan khas Lampung juga banyak dicari oleh para wisatawan yang datang berkunjung. Buat kalian yang pergi ke Lampung jangan bingung jika kalian ingin memberikan oleh-oleh apa, karena Lampung ini mempunyai banyak sekali makanan yang bisa kalian jadikan oleh-oleh untuk teman-teman, saudara, dan orang tua. Berikut ini adalah oleh-oleh yang kalian bisa berikan kepada mereka:
1. Sambal Lampung
       Buat kalian yang suka dengan sampal, kalian harus mencoba sambal khas Lampung ini, di Lampung memang mempunyai banyak sekali macam sambal seperti sambal seruit, tempoyak. Namun sambal-sambal ini tidak bosa bertahan lama. Jika kalian ingin memberikan oleh-oleh sambal kalian bisa membeli sambal bawang lampung, sambal goreng udang, sambal ijo lampung, sambal cuka, sambal terasi lampung, dan sambal ikan peda lampung. Harganya juga bisa dibilang cukup murah karena harga perbotolnya cuma Rp25.000.

Gambar sambal Lampung

2. Kemplang
       Makanan khas Lampung ini berasal dari bahan dasar ikan, dan mempunyai rasa yang gurih dan renyah. Kemplang ini memiliki rasa ikan nya yang sangat terasa sekali, jadi kemplang ini juga bisa dijadikan pendamping nasi sebagai pendampung lauk. Yang membuat kemplang ini terlihat unuk dan istimewa adalah proses pembuatannya. Harga kerupuk ini berfariasi namun biasanya harga Kemplang ini hanyalah Rp25.000 per plastik.


kerupuk kemplang

3. Lempok Durian
       Lempok ini makanan seperti jenang dan dodol. Perbedaan antara Lempok dengan jenang dan dodol adalah bahan dasarnya, kerena Lempok bahan dasarnya adalah durian jadi bisa dibilang lebih enak dan unik dibandingkan dengan jenang dan dodol.
Harganya juga tidak terlalu mahal, yaitu harganya hanya berkisaran Rp 30.000 per 2 ons.

lempok durian

4. Pempek Khas Lampung
       Pempek khas dari Lampung ini berbeda dengan pempek khas Palembang. Jika pempek Palembang menggunakan ikan belida, kalau pempek khas Lampung ini meggunakan ikan tenggiri. Tidak hanya ikan saja yang membedakan namun cuka yang diginakan dalam pempek Lampung pun berbeda dengan pempek Palembang.

Pempek khas Lampung


5. Keripik Nangka
        Jika biasanya kalian makan keripik dari ubi, singkong dan tempe, namun sekarangh di Lampung telah membuat farian rasa baru yaitu keripik yang terbuat dari nangka. Keripik ini juga tidak di goreng namun di oven sehingga lebih sehat. Harganya juga murah banget di dompet karena harganya hanya Rp10.000-15.000.

Keripik nangka


6. Pie Pisang Lampung
      Lagi-lagi masyarakat Lampung membuat farian baru lagi yang berasal dari bahan dasar pisang, biasanya pisang hanya dibuat keripik atau kolak saja namun sekarang pisang dijadikan Pie Pisang yang bisa kalian jadikan makanan khas Lampung yang jangan kalian lewatkan. Pie Pisang dalam 1 kotaknya berisi 5 buah dan rasanya yang berbeda-beda seperti rasa keju, coklat, lamond khismis, dan chocoball. dan harganya hanya Rp45.000 jika yang kecil harganya hanya Rp5000 saja per buah.

Pie Pisang


7. Kopi Lampung
       Buat kalian yang syukla sekali dengan minum kopi kalian harus mencincipi kopo khas Lampung ini. Kopi ini memiliki efek untuk melawan rasa kantuk kalian. Harganya juga murah tidak terlalu mahal karena harganya hanya Rp50.000 per 500 gram

Kopi khas Lampung

8. Mr. Monkay
      Keripik khas Lampung ini mempunyai perbedaan dengan keripik yang lainnya, karena keripik pisang ini berbentuk seperti waffle. Kalian juga bisa memilih farian rasanya karena keripik pisang ini mempunyai beberapa farian rasa seperti coklat, susu, srawberry dan ada juga rasa kopi. Dengan harganya juga murah meriah banget kerena harganya cuma Rp12.000 per 140 gram.

keripik khas lampung Mr. Monkay

9. Kopi Durian
       Buat kalian pencinta kopi kalian tidak boleh melewatkan kopi khas dari lampung ini yaitu kopi durian yang berpaduan dengan kopi robusta. Disini ada dua farian rasa kopi durian yaitu kopi diroian original dan kopi durian plus yang memiliki aroma yang sangat kental dan kuat dengan duriannya. Harganya berfariasi jika yang 15 gram harganya hanya Rp3000, sedangkan yang 100 gram harganya Rp15.000, dan yang 250 gram harganya hanya Rp.30.000 saja.

Kopi durian Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here