tugu dan pintu gerbang lambang kota bumi - INFO KOTA BUMI

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 07 Februari 2018

tugu dan pintu gerbang lambang kota bumi


  Kotabumi terletak di Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. kotaBumi dibagi menjadi 3 kecamatan yaitu Kotabumim kota, kotabumi selatan, dan kotabumi utara. KotaBumi Kota memiliki jumlah peduduk sekitar 52.160 jiwa, dan luasnya sekitar 59,11 km2. Sedangkan kotabumi Utara memiliki jumlah 31.371 jiwa dan memiliki luas 175,19 Km2. Dan Kotabumi Selatan berjumlah 68.357 jiwa, dan memiliki luas 104,22 km2.
Ciri khas kotabumi merupakan 3 dan beberapa tugu selamat datang yaitu:
1. Tugu pembangunan
       Tugu ini terletak dibundaran tengah-tengah kota,tugu ini berbentuk dua orang pemuda berotot tanpa baju yang sedang berjuang keras mendirikan tiang bangunan pada tahun 1978-1979. Tugu tersebut adalah simbol persatuan, kesatuan, dan gotong royong.
Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Bupati Masno Asmono, dan sebelum didirikannya tugu ini sebelumnya sudah ada sebuah tugu yang sudah berdiri terlebih dahulu yaitu tugu Merdeka. Tugu merdeka ini memiliki bentuk yang runcing menyerupai ujung sebuah pensil.
      Tugu Merdaka ini dibangun bertujuan untuk mengenang sebuah peristiwa yang bersejarah . Tugu ini merupakan tempat diadakan sebuah pengumuman Proklamasi RI yang pertama kalinya diKabupaten Lampung Utara, tokoh yang mengumumkannya yaitu R. Husen Thoyib beliau adalah salah satu pahlawan kemerdekaan.
gambar tugu pembangunan


2.  Tugu Payan Mas
        Tugu ini terletak ditengah perempatan Jalan Jendral Soedirman. Tugu yang cukup megah ini dibuat pada pemerintahan Bupati Zaenal Abidin.
Sebelum  tugu Payan Mas berdiri ada sebuah Tugu Kayu Aro tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Bupati Hairi Fasya.
Payan Mas berarti Tombak Emas. Tugu ini terdapat 9 payan (seperti perisai) mewakili 9 Buay atau Marga pepadun di Lampung Utara, Yaitu: 1). Buay Nyunyai, 2).Buay unyi, 3).Buay Subing, 4).Buay Nuban, 5).Buay Aneka Tuho, 6).Buay Kunang, 7).Buay Beliuk, 8).Buay Selagi, 9).Buay Nyerupo.


3. Tugu Alamsyah Ratu Prawiranegara
      Tugu ini berada di Jalan Tjukul Soebroto, tugu ini berada disamping rumah makan Taruko Jaya, Kelapa tujuh.
Tinggi Tugu Alamsyah Ratu Prawiranegara ialah 6 meter, tugu ini menghadap kearah Bandar Lampung, tugu ini merupakan tugu selamat datang. Nama Alamsyah diambil dari nama tokoh militer indonesia yang pernah menjabat menteri dan duta besar indonesia. Tujuan dibuatnya tugu ini adalah sebagai simbol untuk mengenang jasa pahlawan Alamsyah Ratu Prawiranegara (ARP).


4.Pintu gerbang Kota (gate city)
     Pintu gerbang ini berada di desa Candimas, yang kecamatannya berada di Abung Selatan.
Jika kalian berada dikota yang paling tua ini kalian akan merasa nyaman karena kabersiahan dan kkerapiannya sangat terjaga. Disepanjang jalan ini kalian akan melihat banyak tanaman bunga dan berbagai tumbuhan hijau, yang membuat mata sejuk ketika memandangnya.
  Dahulu kota ini sering disebut kota mati karena jika sudah senja kota ini sepi seperti tidak ada penghuninya sama sekali.
Namun kota ini sudah konduktif tidak seperti dulu lagi, sekarang jika malam hari kita misa mencincipi kuliner yang berada di pinngir jalan.

5.Tugu Pembatas ( pintu gerbang selamat datang diLampung Utara)
   Tugu ini diresmikan langsung oleh Bupati Lampung Utara yaitu Agung Ilmu Mangkunegara.
Peresmian ini ditandai dengan pemecahan kendi yang dilakukan oleh General Manager PTPN VII Disrtik Bunga Mayang. Tugu ini merupakan perbatasan dari Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Lampung Tengah, yang beradi di Jalan Lintas Tengah Sumatra yang berada didesa Blambangan Pagar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here