Makanan yang ada di Lampung - INFO KOTA BUMI

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 06 Maret 2018

Makanan yang ada di Lampung

 Kotabumi- Hai kawan-kawanku disini saya akan membahas lagi tentang beberapa makanan yang kalian tidak boleh lewatkan jika kalian berada di Provinsi Lampung.
        Masyarakat Lampung adalah masyarakat yang suka berkumpul dengan satu sama lain untuk menjaga silaturahmi nya, Oleh karena itu masyarakat diLampung sangat menjaga kekeluargaannya.
Walaupun mempunyai banyak ragam suku dan bangsa namun masyarakat Lampung tidak pernah membeda-bedakan jika saat mereka sedsng berkumpul. Pada saat berkumpul mereka bisanya sering sekali menghidangkan beberapa makanan, beberapa makanan nya akan kita bahas disini.

1. Seruit
       Seruit ini merupakan salah satu makanan khas dari Lampung yang biasanya dihidang pada saat berkumpul atau sedang ada acara seperti acara keluarga, acara pernikahan, acara adat hingga keagamaan. Biasanya bagi masyarakat pepadun, seruit ini dijadikan makanan pokok yang sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari, Karena makan seruit dalam keadaan tertentu tidak dilakukan oleh semua adat. Seruit ini adalah salah satu makanan yang bahannya ikan, ikan ini biasanya dibakar dan biasanya dicampurkan dengan sambal terasi khas dari Lampung, biasanya ada juga yang diberikan mangga dan tempoyak. Ikan yang sering digunakan pada seruit ini sangat beragam, namun biasanya ikan yang sering digunakan adalah ikan yang berasal dari sungai-sungai besar seperti ikan baung, ikan layis dan masih banyak lagi.

Gambar seruit

2. Tempoyak
         Buat kalian guys yang suka sekali dengan durian kalian harus cobain tempoyak durian ini. Tempoyak adalah salah satu makanan yang terbuat dari buah durian yang telah melewati masa determentasi, tempoyak ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat indonesia terutama Lampung maupun negara tetangga. Buat kalian yang ingin membuatnya sendiri dirumah kalian juga bisa membuatnya karena tempoyak ini sedikit mudah dibuat.  Untuk membuatnya kalian harus menyiapkan buah durian atau daging durian yang tidak mengandung banyak air. Setelah itu kalian harus memisahkan daging durian dari bijinya dan kemudian diberikan sedikit garam.
Kemudian berikan sedikit cabe rawit supaya mempercepat fermentasi, kemudian simpanlah ditempat yang mempunyai suhu dingin seperti kulkas.
    Setelah 5 harian kalian bisa mengolahnya dengan berbagai macam ikan, dan bisa juga dibuat sambal.

tempoyak durian


3.Geguduh
       Buat kalian suka dengan makanan yang manis-manis tidak ada salahnya kalian bisa mencoba geguduh ini, Geguduh merupakan makanan yang hampir sama dengan keuyang dibuat dari buah pisang yang telah dihaluskan. Makanan ini bisa disajikan saat ada tamu ataupun keluarga yang datang, selain itu bahan yang digunakan cukup mudah untuk dicari . Buat kalian yang ingin mencoba membuatnya kalian siapkan pisang kepok, jika kalian ingin membuat aroma keu menjadi lebih sedap biasanya masyarakat menambahkan air daun pandan ataupun air sekapur putih. Gegaduh ini juga bisa dinikmati untuk teman ngopi ataupun minum teh.

Gegaduh

4. Gabing
        Gabung ini adalah nsalah satu makanan khas dari Lampung, gabing ini mempunyai bhan yang unik dan mungkin kalian tidak banyak yang menyangka. Bahan dasar gabing adalah batang kelapa yang masih muda, batang kelapa muda yang diiris hingga ukurannya 3 sampai 4 cm. Lalu direbus hingga lunak dan masukkan rempah dan bumbunya hingga tercium aroma yang sedap.Gabing ini juga bisa dicampurkan dengan daging, jamur dan yang lain.

Gabing



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here