Beberapa permainan tradisi Kotabumi - INFO KOTA BUMI

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 10 Februari 2018

Beberapa permainan tradisi Kotabumi

     -Bola Beracun
Permainan ini dimainkan paling sedikit dua orang dan permainan ini dilakukan oleh anak-anak laki-laki dan perempuan. Permainan ini hanya menggunakan beberapa sandal disusun dan sebidang tanah. Pertama tentukan Pelemperan sandal pertama, kedua dan seterusnya.
Apabila pemain pertama gagal melempar maka diganti dengan pelempar selanjutnya. Jika sipelempar berhasil merobohkan sandal tersebut maka si pemain mengejar lawan dan jika lawan tertangkap maka lawan dianggap kalah.



     -Kebabeng
  Permaian ini bisa dilakukan secra berkelompok maupun perorangan. Permaian ini memerlukan ketangkasan dan keahlian agar karet yangb digunakan dapat berputar. Bahan dan alat-alat yang digunakan cukup mudah dicari, tali, karet dan sebilah bambu.
Cara mempermaikannya adalah menarik kedua ujung tali yang telah di beri bambu dan bagian tengah sudah diberi karet yang sudah diberi lubang pada kedua ujungnya.


     -Kikhikan
     Bahan yang digunakan adalah sama dengan bahan permainan kebabeng. Permaian ini memerlukan kecepatan baling-baling yang ditarik oleh benang. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit yaitu poros baling dilubangi dan di beri bambu, lalu biji karet diberikan lubang pada bagian bawah, atas dan bagian tengah. Lubang bagian atas digunakan untuk memasukkan bambu dan lubang bagian tengah digunakan untuk memasukkan tali yang akan digunakan untuk menarik.



     -Bedil Betung Atau Jejok
   Permainan ini memerlukan ketangkasan dan kekuatan. Biasanya permainan ini dibagi menjadi dua regu.
Bahan yang digunakan adalah bambu kecil, buah leak atau bisa juga kertas, dan satu luas bambu dipakai untuk selongsong.



    -Taplak
  Permainan ini biasanya dimaikan oleh perempuan. Bahan yang digunakan alat ini mudah untuk dicari yaitu pecahan genting dan sebidang tanah.
Permainan ini diawali dengan membuat kotak atau garis di atas tanah, kemudian mengundi urutan pemain. Kemudian pemain melemparkan genting  ke dalam kotak yang telah dibuat sebelumnya, setelah itu pemain melewati atau melompati kotak-kotak dingan sebelah kaki.
Image result for gambar permainan taplak

     -Pidak
   Permainan ini menggunakan biji buah karet, cara permainan ini adalah biji karet ditumpuk lalu dipukul dengan menggunakan tangan salah satu pemain dan jika salah satu buah itu ada yang pecah maka dia dinyatakan sudah kalah.



-Balang-balang
   Permainan ini mengandalkan sebuah keahlian dalam memukul baling-baling yang terlempar berputar kencang. Permainan ini bisa dimainkan oleh banyak orang, permainan ini tidak berkelompok melaikan perorangan.  Pemenang dalam permainan ini ditentukan dari pemain yang melemparkan baling-balingnya paling jauh.



-Gasing
    Bahan yang digunakan untuk membuat gasing ini adalah sehelai tali dan laher. Cara membuatnya adalah bagian tengah laher diberi poros yang diperkuat agar tidak lepas jika sedang dimainkan.
Cara mempermaikannya adalah tali dililitkan di diatas poros laher, setelah itu pemain menarik tali yang dililitkan oleh gasing tersebut.


-Beleduk atau Jeduman
     Permainan ini salah satu permaianan dari abung timur, jeduman ini digunakan ketika sedang manjau pada waktu upacara adat atau yang sering disebut dengan Begawi. Bahan permainan ini adalah bambu dan menggunakan bahan bakar minyak tanah.
Bentuk beluduk atau jeduman ini mseperti senapan yang memiliki panjang 120-150 cm, dan mempunyai dua pegangan yang yang berukuran 30-50 cm. Jeduman ini juga bisa dibuat dari bahan-bahan bekas seperti botol bekas minum yang disambung satu persatu kemudian dan dibalut oleh kain yang direkatkan dengan menggunakan karet, dan bahan bakar yang digunakan sekarang bukan hanya minyak tanah saja namun bisa juga menggunakan bahan bakar spiritus.



5 komentar:

  1. bersama kami agen adu ayam terpercaya
    Nikmati Bonus Menarik Langsung Dari Bolavita Sekarang...
    Nikmati Bonus New Member 10% | Cashback Hingga 10%
    Yuk Gabung Bersama Kami Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995

    BalasHapus
  2. Permainan ini memerlukan ketangkasan dan kekuatan. Biasanya permainan ini dibagi menjadi dua regu.
    Bahan yang digunakan adalah bambu kecil, buah leak atau bisa juga kertas.

    CF88Indo Sabung Ayam

    BalasHapus
  3. B O L A V I T A Adalah Agen Sabung Ayam Dan Bola Terpercaya

    Deposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Super Cepat dan Aman..

    -Bonus 10% untuk Member Baru
    -Bonus Referal 10%
    -Bonus CashBack Hingga 10%

    WA : +62812-22-22-995
    Line : cs_bolavita
    Wechat : Bolavita

    BalasHapus
  4. <a href="https://www.ovobola.net/2019/09/21/panduan-bermain-slot-sweetie-Panduan Bermain Slot Sweetie Land </a> Ayo Daftar Sekarang Juga Dan Dapatkan Bonus Berlimpah !!!

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here