Rumah adat Lampung - INFO KOTA BUMI

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 26 Februari 2018

Rumah adat Lampung

Kotabumki- Rumah adat Lampung
   Provinsi ini memiliki 2 kota dan 12 kabupaten, 2 kota yang dimaksud adalah kota Metro dan kota Bandar Lampung, sedangkan 12 kabupaten yang dimasud adalah Lampung Barat, Lampung Utara, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Pasawaran, Mesuji, Pringsewu, Pesisir Barat, Tanggamus, Tulang Bawang, Way Kanan, dan Tulang Bawang Barat.

Gambar rumah adat Lampung

Lampung merupakan lokasi transmigrasi, berdasarkan data saat ini suku lampung mayoritas adalah suku jawa. Suku asli Lampung yaitu suku lampung yang tidak lebih dari 12% dari total keseluruhan penduduk Lampung.
Suku Lampung biasanya juga disebut dengan Ulum Lampung atau orang dari Lampung yang berasal dari dari wilayah Belalau, Lampung Utara. Suku Lampung sendiri biasanya tinggal dirumah adat Lampung yang biasanya disebut dengan Rumah Adat Nuwu Sesat.

-Rumah Adat Nuwou Sesat
      Kata Nuwou berasal dari dari bahasa Lampung yang artinya tempat ibadah seperti masjid, surau, moshola, Rang ngaji atai pok ngajei. Persamaan dari kata Nuwou adalah Lamban atau lambahana yang mempunyai arti tempat tinggal. Sedangkan kata Sesat atau Bantaian adalah bangunan tempat bermusyawarah dan penyimpanan bahan makanan.
    Dengan begitu Nuwou Sesat bisa diartikan sebagai tempat berkumpul untuk bermusyawarah, Dalam perkembangannya Nuwou Sesat bisa juga Sesat Balai Agung, yang biasanya juga digunakan sebagai tempat pertemuan adat sekaligus tempat upacara-upacara pelaksanan adat, namun sekarang rumah ini digunakan sebagi ntempat tinggal seperti biasanya.


-Konstruktur rumah
    Rumah Adat Lampung ini berbentuk rumah panggung dengan menggunakan kayu sebagi bahan utamanya. Rumah ini juga memiliki penyangga dengan tiang-tiang dengan beberapa tiang penopang yang didirikan diatas pondasi hingga lantai rumah. 
Gambaran Rumah Adat Lampung:
a). Pondasi dan tiang penyangga
        Pondasi rumah ini adalah umpak batu berbentuk persegi, disetiap umpak batu ditaruh tiang               penyangga atau tiang duduk yang jumlahnya kurang lebih 35 tiang dan tiang utama atau tihang           induk yang jumlahnya 240 tiang.

b). Atap
         Ujung rumah adat ini Lampung ini memusat ketitik tengah bagian atas yang dibuat dari kayu           bulat atau juga sering disebut dengan button, Diatas kayu tersebut diletakkan satu kayu lagi yang         biasanya dilapisi dengan tembaga, lalu diatasnya diberikan 2 tiang lagi dari tembaga atau                     kuningan. Biasanya juga diatasnya diberikan perhiasan dari batu sesuai dengan selera pemilik             rumah itu.

c). Lantai
        Rumah adat ini mempunyai lantau Bamboo atau juga bisa disebut papan atau khesi yang berasal       dari kayu klutum, beghatteh dan belasa. 

d). Dinding
         Dinding rumah ini merupakan susunan dari papan-papan kayu yang biasanya dipasang disetiap        rangka rumah dalam keadaan berposisi berdiri.

e). Pintu dan Jendela
         Pintu rumah adat ini berbentuk setangkup ganda yang biasanya berbentuk persegi panjang, dan       jendalanya berbentuk sama namun ukurannya yang berbeda biasanya ukurannya lebih pendek            dibandingkan dengan pintunya. Jendela ini juga dilengkapi dengan traris yang terbuat dari kayu,          terdapat 4 njendela yang berada di depan  sedangkan yang lainnya berjumlah tergantung dengan          panjangnya rumah tersebut.

-Pembagian Rumah 
    Berikut adalah bagian-bagian dari Rumah Adat Lampung:
      1. Panggakh
              Adalah loteng rumah yang biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang            adat, senjata atau pusaka dan tangga menuju rumah.
     
      2. Lepau atau Bekhanda
               Adalah ruangan terbuka luas yang berada didepan rumah seperti serambi yang biasanya                 digunakan sebagai ruang tamu atau tempat himpunan (bermusyawarah adat).

      3. Lapang Lom
              Ruang keluarga, biasanya digunakan sebagai ntempat berkumpulnya keluarga atau acara-                 acara adat.
      
      4. Bilik kebik
               Merupakan kamar tidur utama untuk kepala keluarga.

       5. Tebelayakh
                Kamar tidur kedua

        6. Sekhudu
               Terletak dibagian belakang yang biasanya digunakan oleh ibu-ibu.

       7. Dapokh
                Dapur, biasanya dapur ini terletak dibagian paling belakang rumah,  dapur ini juga                          memiliki  ruang lagi yang terdiri dari:  gakhang atau tempat untuk mencuci peralatan dapur                  dan bah lamban atau tempat penyimpanan hasil panen.

     Selain itu setiap sesinya selalu diberikan ornamen-ornamen ukiran atau aksara kuno yang biasanya diambil dari kitab Kuntara Raja Niti dan setiap motif khas memiliki makna sekaligus pesan untuk masyarakat ulun Lampung.
          
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here